UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN, SENTRA HKI UMM MELAKSANAKAN WORKSHOP PENELUSURAN PATEN UNTUK TIM KERJA-NYA

Jum'at, 25 Januari 2019 10:21 WIB

(Dokumentasi Pribadi)

Salah satu tujuan dibentuknya Sentra Hak Kekayaan Intelektual Universitas Muhammadiyah Malang (Sentra HKI UMM) adalah memberikan pelayanan berupa jasa konsultasi dan pengurusan penerbitan kekayaan intelektual, termasuk paten. Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi untuk jangka waktu tertentu melaksanakan sendiri invensi tersebut atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakannya.

Untuk meningkatkan pelayanan dibidang paten, diadakanlah workshop penelusuran paten yang diberikan kepada para tim kerja Sentra HKI UMM selama 2 (hari) hari yaitu tanggal 14 dan15 Januari 2019. Adapun yang bertindak sebagai narasumber adalah Bapak M. Isrok, S.H., C.N., M.H, Konsultan HKI sekaligus dosen fakultas hukum UMM.

Materi yang diberikan kepada peserta workshop, dititik beratkan pada keuntungan melakukan akses terhadap informasi paten (The value of patent information) dan Teknik pencarian paten (techniques for searching patent documents). Dalam kegiatan ini, peserta dikenalkan kepada laman-laman yang berisi dokumen paten dan teknik menggunakan laman tersebut untuk mencari dokumen paten di seluruh dunia, terutama Amerika dan Eropa.

Shared: