Tim Sentra HKI UMM Adakan Sosialisasi Percepatan Perolehan HKI Kepada UMKM dan Guru-Guru Kabupaten Gresik

Sabtu, 19 November 2016 05:22 WIB

Pada hari Rabu, 16 November 2016, Tim Sentra Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Univeritas Muhammadiyah Malang (UMM), diundang sebagai pemberi materi di workshop yang bertemakan "Percepatan Perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Bagi Kepala Sekolah dan Guru di Lingkungan Pendidikan Dasar dan Menengah serta Pengurus UMKM di Kabupaten Gresik".  Acara yang dimulai pukul 07.30 s/d 15.00 ini, dihadiri oleh tujuh puluh peserta, juga diharidi oleh Rektor UMG serta diisi oleh lima pemateri. Seperti temanya, acara ini diadakan di Gresik tepatnya di kampus Universitas Muhammadiyah Gresik(UMG).
 
Acara yang berlangsung selama tiga jam ini, selain diisi oleh Tim HKI yang terdiri dari Ketua Sentra HKI UMM yaitu Matuchah dan Penasihat hukum HKI UMM yaitu Mohammad Isrok, hadir juga Mokh Najikh selaku Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM), Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gresik, serta Setyo Budi selaku Ketua Sentra HKI UMG, juga Taufiqullah selaku ketua Pusat Dakwah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Gresik.
 
Acara yang dibuka oleh sambutan Rektor UMG ini terbagi dari tiga sesi. Pada sesi pertama terdapat Setyo Budi yang menyampaikan materi tentang "Peran HKI UMG dalam Mempercepat Perolehan HKI ".  Sedangkan Taufiqullah pada kesempatan sesi pertama memberikan motivasi kepada Kepala sekolah dan Guru dalam Memperoleh HKI. Terdapat Mokh najik juga yang memberikan materi dalam sesi pertama.  Pada sesi kedua terdapat Maftuchah yang memberikan materi tentang "Potensi Kekayaan Intelektual dari Sekolah Dasar-Menengah dan UMKM". Sesi ketiga terdapat Mohammad Isrok yang menyampaikan materi  tentang "Proses Pendaftaran HKI". 
Sosialisasi atau workshop yang terdiri dari empat puluh guru sekolah dasar beserta kepala sekolah di kabupaten Gresik dan tiga puluh perwakilan UMKM kabupaten Gresik ini, jditutup dengan diskusi panel. Sebelumnya Rektor UMG berpendapat adanya acara ini sangatlah tepat dengan "mimpi' UMG untuk menuju kampus yang "UMI" (Unggul, Mandiri, dan Islamic), karena untuk menjadi kampus yang unggul dan mandiri memerlukan sebuah karya yang dapat dikomersilkan, sedangkan karya dapat dikomersilkan jika, karya tersebut telah menjadi produk-produk yang kuat hukumnya dengan kata lain telah didaftarkan hak cipta, paten, dan sebagainya. Maka sebab itu adanya sosialisasi ini sangatlah tepat untuk dilaksanakan. (wfk)

Shared: