Sentra Hak Kekakayaan Intelektual Universitas Muhammadiyah Malang adakan workshop Pemetaan dan Penguatan Kekayaan Intelektual bidang Sosial Humaniora dan Eksakta Keteknikan

Sabtu, 03 Februari 2018 11:14 WIB

SentraHak Kekakayaan Intelektual Universitas Muhammadiyah Malang adakan workshop Pemetaan dan Penguatan Kekayaan Intelektual bidang Sosial Humaniora dan Eksakta Keteknikan

Sebagai unit kerja yang terlibat dalam bidang Intelektual, Sentra Hak Kekakayaan Intelektual (HKI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyelenggarakan workshop Kekakayaan Intelektual (KI). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Sentra HKIUMM dalam acara“Workshop Pemetaan dan Penguatan Kekakayaan Intelektual bidang Sosial Humaniora dan Eksakta Keteknikan” yang dilaksanakan Rabu (31/01) bertempat di Ruang Sidang Wakil Rektor I UMM.

Pembukaan dan pengarahan disampaikan oleh Ketua Sentra HKI UMM, Dr. Ir. Agus Zainudin, MPdan Wakil Rektor I, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si. Acara ini melibatkan Lailatul Husniah, S.ST., MT dan Prof., Dr., H. Ishomuddin, M.Si.sebagai pemateri. Selain itu, acara ini juga melibatkan staf dosen UMM dan para dosen dari Asosiasi Kekakayaan Intelektual Perguruan Tinggi Muhammadiyah (ASKI-PTM) sebagai peserta.

Dalam acara ini, materi yang disampaikan yakni: Ragam HKI dan Meraih Prestige dengan Hak Cipta. Selain itu, acara ini disertai pendampingan dari masing-masing bidang baik dari Sosial Humaniora maupun Eksakta Keteknikan. Pada bidang Sosial Humaniora, materi yang disampaikan yakni: Implementasi Percepatan dan Perolehan Hak Cipta, yang dibawakan oleh Ni'matuzahroh, S.Psi., M.Si dan Dr. Ihyaul Ulum, S.E., M.Si., Ak., CA, serta Pendaftaran Paten yang dibawakan oleh Dr. Ir. Aris Winaya, M.M., M.Si. Sedangkan, pada bidang Eksakta Keteknikan, materi yang disampaikan yakni: Implementasi Percepatan dan Pendekatan KI (Hak Cipta) yang dibawakan oleh Dr. Mochammad Agus Krisno Budiyanto, M.Kes, serta Implementasi Percepatan dan Pendekatan KI (Paten) yang dibawakan oleh Ir. Achmad Fauzan Hery Soegiharto, MT.

Tujuan diselenggarakan acara ini adalah untuk memberikan pengetahuan umum tentang KI, memberikan kompetensi jenis KI sehingga dapat menentukan jenis kekayaan intelektualnya, memberikan kompetensi dalam melakukan penelusuran informasi paten KI, dan memberikan pengetahuan dasar penyusunan deskripsi/drafting paten (Fi-Fa).                                                                                                   

Shared: