Kunjungan STIMIK Malang ke Sentra HKI UMM

Senin, 02 Juli 2018 08:14 WIB

MALANG. Senin (14/05) Sentra HKI Universitas Muhammadiyah Malang menerima kunjungan studi banding dari STIMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) PPKIA Paramita Malang. Empat pengurus Sentra Kekayaan Intelektual STIMIK Malang yang terdiri atas Bapak Sujito, S.Kom. M.Pd., MMSI (Kepala LRPPM), Ibu Eka Yuniar, S.Kom., MMSI (Ketua Pelaksana Sentra-KI), Ibu Eni Farida, S.Ag, MM (Koor. Bidang Pelatihan & Pengembangan), dan Bapak Andri Prasetyo, SE., MMSI (Koor. Bidang Valuasi & Komersialisasi).

Para tamu ditemui oleh Ketua Umum (Dr. Ir. Agus Zainudin, MP), Sekretaris (Sofyan Arief, SH,. M.Kn), dan Divisi Layanan dan Perlindungan (Ir. Achmad Fauzan HS, MT dan Mohammad Isrok, SH., CN., MH). Ketua & tim Sentra HKI UMM pada kesempatan tersebut menyampaikan pengalaman pengelolaan Sentra HKI UMM sejak awal perintisan. Saat awal pendirian Sentra HKI UMM, pendaftaran kekayaan intelektual masih sangat sedikit. Namun beberapa tahun kemudian hampir tiap hari selalu ada yang melakukan pendaftaran dan konsultasi KI. Keterbatasan dukungan dana di awal pendirian sentra KI tidaklah mengurangi semangat pengelolaan, tapi  justru memunculkan ide-ide kreatif untuk pengembangan Sentra HKI. Strategi yang dibangun ditengah keterbatasan dan personil adalah membangun serta memperluas kepedulian terhadap KI, dengan cara membentuk tim HKI yang merupakan kepanjangan komunikasi antara Sentra HKI dengan fakultas dan jurusan. Tim HKI ini dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan HKI, baik belajar HKI, sosialisasi HKI, pendaftaran KI dan lainnya. Juga mendiskusikan peluang belajar HKI melalui program distance learning WIPO, dimana di dalamnya terdapat bermacam macam kursus HKI Internasional, baik yang nir biaya maupun yang berbiaya. Pada pertemuan tersebut disepakati akan diselenggarakan sosialisasi HKI ataupun pelatihan HKI di STIMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) PPKIA Paramita Malang, dengan dukungan pemateri dari UMM.

Selain itu, Sentra HKI UMM ini juga memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi STIMIK Malang untuk bertanya dan memahami setiap proses untuk membentuk sentra HKI yang lebih baik lagi. Penutup dari Study banding ini adalah pemberian cinderamata oleh STIMIK kepada Sentra HKI UMM dan begitu sebalikanya serta foto bersama (Lia).

Shared: