Lembaga Sentra Hki
Universitas Muhammadiyah Malang
Lembaga Sentra Hki
Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang jebol penghargaan Gold Medal di Kompetisi Inovasi Internasional

Author : Administrator | Senin, 02 Oktober 2017 12:05 WIB

Universitas Muhammadiyah Malang jebol penghargaan Gold Medal di Kompetisi Inovasi Internasional

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil memperoleh penghargaan 1 gold medal dalam acara pameran dan kompetisi Internasional atau Invention, Innovation & Design Exposition (IIDEX) 2017 yang diselenggarakan di Malaysia. Kompetisi ini berlangsung dari 25 sampai 29 September 2017.

Gold medal untuk Indonesia diraih oleh UMM atas nama GALIH WASIS WICAKSONO, S.Kom., M.Cs., dkk. Mereka merancang sebuah Program komputer “Sistem monitoring LPG 3 kg dan sistem transaksi berbasis mobile” yang berfungsi untuk memantau monitoring distribusi LPG 3 Kg berbasis website dan data transaksi melalui mobile apps. Selain itu, produk diciptakan agar dapat menjamin keberhasilan distribusi LPG secara real-time secara terkendali. Hal ini bertujuan untuk menghindari penimbunan LPG dan penyalahgunaan LPG bersubsidi.

Dalam ajang IIDEX tersebut setidaknya UMM harus bersaing dengan beberapa instansi lain, meliputi Universitas Negeri Yogyakarta dari Indonesia dan beberapa Universitas atau Institut lain di Malaysia. Masing-masing perwakilan instansi tersebut juga membawa karya terbaiknya.

Produk tersebut dibangun dan dikembangkan sejak tahun 2015-2016 melalui program Hibah bersaing yang diketuai oleh ANNISA KESY, ST.,MT yang didanai Kementerian Riset Teknologi. Kemudian pada tahun 2016, produk tersebut dikembangkan dan diuji coba. Pada awal 2017, produk tersebut diikutsertakan dalam kompetisi Inovasi Teknologi Kota Malang (INOTEKMA) dan mendapatkan juara 1 dalam kategori Information Communcation Technology (ICT). Setelah itu, pihak pencipta mendapatkan tawaran dari Sentra Hak Kekayaan Intelektual (HKI) UMM untuk mengikuti acara IIDEX yang diselenggarakan di Malaysia.

Harapan dari pencipta untuk pencipta lain agar produknya bisa menjadi unggul yakni: show-off (sering mempublikasikan produk), produk yang diciptakan sebaiknya berhubungan dengan kebutuhan masyarakat agar dapat mengatasi problema yang ada di lingkungan masyrakat, dan mendaftarkan hak cipta produk ke pihak yang terkait agar mendapatkan hak cipta atas produk yang diciptakan. (Reportase: Fauzan-Fita)

Ilustrasi: Poster

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image