Kunjungan STT Ronggolawe Cepu Ke Sentra HKI UMM

Selasa, 25 Agustus 2015 08:34 WIB

Kunjungan STT Ronggolawe Cepu Ke Sentra HKI UMM

Pada tanggal 10 Agustus 2015 Sentra HKI mendapat kunjungan dari STT Ronggolawe Cepu Blora. Kunjungan tersebut guna membahas program penguatan kelembagaan Sentra HKI. Pada pertemuan tersebut Sentra HKI UMM diwakili sekretaris Sentra HKI Mohammad Isrok  M.Hum dan  koordinator bidang  Percepatan Paten  Ir. Achmad Fauzan, MT.

Beberapa hal yang disepakati  dalam pertemuan tersebut adalah  mengenai acara pelatihan yang akan diselenggarakan di STT Ronggolawe Cepu  yang diarahkan agar peserta mampu memahami rezim- rezim HKI. Peserta pelatihan dibekali juga  teknik penyusunan strategi penelitian berorientasi HKI dan komersialisasi sebagai perwujudannya peserta diharapkan mampu menuangkan gagasan dan membuat roadmap penelitian berbasis HKI. Rezim HKI yang memerlukan kesiapan lebih adalah paten, dimana pengusul paten disyaratkan menyertakan deskripsi paten, didalam deskripsi paten tersebut tertuang invensi-invensi terdahulu, penjelasan invensi yang diusulkan dan klaim. Penyusunan deskripsi paten membutuhkan keterampilan penelusuran dan pemetaan paten serta perumusan klaim, oleh sebab itu dalam pelatihan diberikan materi terkait drafting paten.

Mengenai management pengelolaan sentra HKI, peserta pelatihan perlu dibekali keterampilan melakukan pendaftaran serta kelengkapan berkas-berkas pendaftaran. Selain itu, pihak management Sentra HKI dan peserta pelatihan diperluas wawasannya dengan materi tentang kerjasama UMKM, Perusahaan, dan Pemerintah.

Shared: